Langsung ke konten utama

5 Penyebab AC Ruangan Kurang Dingin dan Cara Mengatasinya

  

5 Penyebab AC Ruangan Kurang Dingin dan Cara Mengatasinya

Dewasa ini, setiap rumah atau bangunan pasti memiliki mesin AC pendingin untuk membuat suhu ruangan lebih sejuk. Bisa dibayangkan bagaimana suasana kurang nyaman bila mesin AC tidak bekerja secara optimal. Suhu udara tidak cepat dingin bisa menjadi salah satu indikator kerusakan AC Anda. Selain rajin membersihkan komponen AC, pastikan Anda segera mengganti komponen yang alami kerusakan dengan spare part AC yang berkualitas. 

Penyebab AC tidak dingin meski sudah menyala 

AC ruangan baru saja dibeli beberapa bulan lalu, tetapi tidak mampu mengantarkan suhu sejuk yang Anda butuhkan. Kenapa, ya? Bisa saja AC tidak lagi dingin setelah menyala karena adanya kerusakan pada komponen-komponen yang saling berkaitan. Berikut 5 penyebab AC ruangan tidak dingin setelah menyala yaitu :

1. Kesalahan pengaturan temperatur suhu

Kemungkin AC ruangan tidak bisa memberikan suhu sejuk lebih cepat karena kesalahan pengaturan temperatur suhu pada remote Anda. Bila Anda memakai timer untuk pemeliharaan secara berkala, sebaiknya atur timer dengan baik. Buat pengaturan suhu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga dalam ruangan tersebut. 

2. Tidak rajin membersihkan mesin AC

Jangan hanya memakai AC saja tanpa membersihkan komponen secara berkala. Bagian filter yang kotor dan penuh debu menjadi salah satu penyebab kerusakan AC yang paling sering terjadi. Lakukan perawatan dan pembersihan saringan udara dengan rutin agar bisa menghasilkan udara sejuk lebih cepat. Selain saringan udara, Anda juga harus sering membersihkan bagian kipas dan evaporator AC secara rutin.

3. Freon yang mengalami kebocoran 

Penyebab mesin AC Anda tidak bisa mengantarkan udara dingin karena terjadi kebocoran pada freon. Bila freon habis, Anda harus segera melakukan pengisian atau bisa memanggil jasa ahli untuk mengatasi masalah ini. Bila tidak dilakukan pemeriksaan pada freon yang bocor, risiko kesehatan Anda dan keluarga bisa saja mengalami masalah bila menghirup gas yang bisa menyebabkan efek rumah kaca ini.

4. Terjadi kerusakan thermostat

Kerusakan bagian thermostat bisa membuat kinerja AC ruangan tidak stabil yaitu bisa membuat udara di ruangan tidak bisa dingin dengan cepat atau sebaliknya. 

5. Kerusakan outdoor unit pada AC

Tidak hanya penyebab kerusakan mesin indoor AC saja yang membuat udara di ruangan tidak dingin dengan cepat, tetapi adanya kerusakan outdoor unit pada AC tersebut. Coba cek bagian outdoor unit AC yang Anda pasang di luar ruangan seperti kompresor, kapasitor, kipas pembuang panas, dan kerusakan relay penyalur listrik. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan berkala, panggil jasa ahli di bidang perbaikan AC agar bisa melakukan perawatan lebih efektif. 

Bila ada kerusakan pada bagian komponen baik indoor unit atau outdoor AC, maka penggantian harus memakai spare part AC yang berkualitas. Hindari menggunakan komponen bekas pakai atau komponen imitasi yang tidak menjamin orisinalitas dan kualitas produk tersebut. Suku cadang yang bagus sangat menentukan kinerja AC lama Anda bisa tetap menghasilkan udara dingin lebih cepat bertahun-tahun. 

Selain beberapa hal yang menyebabkan mesin AC tidak bisa menghasilkan udara dingin lebih cepat, bisa saja penyebab kerusakan AC karena adanya kebocoran pipa. Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin dengan memastikan listrik sudah dimatikan lebih dulu. Bila membutuhkan spare part AC yang bagus, Anda bisa menggunakan suku cadang asli dan resmi Daikin yang terbukti bisa meningkatkan kinerja AC ruangan lebih optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunda, Ini Lho 5 Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar Agar Tetap Steril!

Ketahui Vaginal Scraping dan Resikonya